Rabu, 16 November 2016

Cara Budidaya Jamur Yang Baik Dan Benar


Cara Budidaya Jamur Yang Baik Dan Benar - Budidaya jamur tiram begitu pas untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Investasi yang diperlukan untuk mengawali udaha budidaya jamur tiram cukup murah serta dapat dikerjakan bertahap. Sisi paling sulit yaitu bikin baglog, media tanam yang sudah diinokulaikan dengan bibit jamur. 
Nama latin jamur tiram yaitu Pleurotus ostreatus, termasuk juga dalam grup Basidiomycota. Dimaksud jamur tiram lantaran bentuk tajuknya mirip kulit tiram. Berwarna putih berupa 1/2 lingkaran. Di alam bebas, jamur tiram putih umum diketemukan pada batang-batang kayu yang telah lapuk. Mungkin saja karenanya, jamur tiram kerap dimaksud jamur kayu. 


Ada dua aktivitas paling utama dalam budidaya jamur tiram. Step awal yaitu bikin media tanam serta menginokulasikan bibit jamur kedalam media tanam itu. Hingga media ditumbuhi miselium berwarna putih seperti kapas. Step ke-2 yaitu menumbuhkan miselium itu jadi tubuh buah. 
Untuk pendatang baru, umumnya mengawali aktivitas budidaya dengan menumbuhkan baglog jadi daging buah. Sesaat pengadaan, baglog yang siap tumbuh didapat dengan beli dari pihak lain. Setelah usaha budidayanya berkembang serta volumenya banyak, baru coba bikin baglog sendiri. 
Dalam tulisan ini bakal, aku bakal membahas langkah yang perlu disiapkan untuk mengawali budidaya jamur tiram putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar