Kamis, 10 November 2016

Cara Menanam Daun Bawang Yang Baik Dan Benar


Cara Menanam Daun Bawang Yang Baik Dan Benar - langkah menanam bawang daun dengan media tanam yang ditempatkan dalam pot atau polybag. Beberapa hal pokok yang dibicarakan diantaranya, langkah membenihkan, bikin media tanam, tehnis budidaya serta perawatan hariannya.

Mempersiapkan benih
Seperti sudah disinggung terlebih dulu, ada dua type bawang daun yaitu Allium fistulosum atau bawang daun bakung serta Allium porum bawang daun prei. Sekarang ini yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu type bawang daun bakung.

Mempersiapkan media tanam
Media tanam pot atau polybag untuk menanam bawang daun sama juga dengan menanam type sayuran yang lain. Pada intinya media tanam itu mesti berbentuk poros, subur, gembur serta banyak terkandung bahan organik. Tingkat keasaman tanah yang untuk menanam bawang daun sekitar pH 6, 5-7, 5.

Langkah menanam bawang daun 
Untuk langkah menanam bawang daun dengan cara organik, bibit segera ditanam. Sedang untuk langkah non-organik bibit dapat di rendam dulu dalam larutan fungisida sebelumnya ditanam. Perendaman dikerjakan pada dosis rendah, 30-50% dari dosis saran sepanjang 10-15 menit. Manfaatnya untuk hindari serangan jamur pada akar.

Penyiraman serta pemupukan
Penyiraman pada awal perkembangan baiknya dikerjakan sehari-hari. Dalam tanaman sebaiknya tanah atau media tanam janganlah sangat basah atau becek, air digenangi, lantaran dapat mengakibatkan busuk akar.

Pemanenan
Bawang daun dapat dipanen sesudah berusia 2, 5 bln. mulai sejak bibit ditanam, 5 bln. dari biji mulai disemai. Tanda-tanda bawang daun siap panen yaitu jumlah rumpunnya mulai banyak serta beberapa daunnya telah ada yang menguning. Panen baiknya dikerjakan pagi atau sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar