Senin, 07 November 2016

Cara Menanam Sayuran Di Halaman Rumah


Cara Menanam Sayuran Di Halaman Rumah - Bagi setiap orang yang memiliki halaman rumah yang cukup luas,  bercocok tanam adalah salah satu cara yang digunakan untuk dapat memanfaatkan halaman rumah yang kosong.  Selain itu,  dengan menanam sayuran di halaman  rumah bakal membah  kecantikan  halaman,   dan  juga  memiliki banyak  faedah  yang lain.   Sayuran merupakan  bahan  utama  yang  digunakan  untuk  memasak,   kandungan  nutrisi  yang  tinggi  pada  sayuran menjadikan tanaman ini cocok sebagai tanaman yang dapat ditanam dihalaman rumah.  Bercocok tanam dengan memakai halaman rumah menjadi kesibukan yang mengasikkan,  dan juga menyehatkan bersama keluarga. 

Berbudidaya tanaman organik dalam bentuk sayuran,  dapat menjaga kesehatan seluruh  anggota keluarga dan juga tanpa mengeluarkan biaya.  Sayuran organik memiliki kelebihan yang tidak perlu diragukan.  Banyak jenis 
sayuran yang bisa anda tanam di halaman rumah anda,  berikut diantaranya  : 

1.  Sawi atau caisim 
Sayuran ini sering sekali menjadi  bahan  dasar masakan  yang mudah  diolah  oleh  anak­anak.  Sawi memiliki 
kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh diantaranya memiliki vitamin A,  E,  dan C. 

2.  Bayam 
Kandungan  zat­zat  yang  ada  di  dalam  bayam  berperan sebagai  zat  pencegah  kanker seperti  zat flavonoid, vitamin A,  dan zat folat.  Sayur bayam sering menjadi bahan utama untuk makanan bayi, karena sayur bayam mudah dicerna dan lunak. 

3.  Kangkung 
Menanam sayuran di halaman rumah yang juga perlu anda coba yaitu menanam kangkung.  Sayuran kangkung memberikan energy untuk tubuh karena kangkung mengandung vitamin A,  B kompleks, dan vitamin C. 

4.  Cabai 
Mayoritas rumah tangga di Indonesia sering mengonsumsi cabai.  Karena harga cabai mengalami fluktuasi dan juga tidak dapat diprediksi,  oleh karena itu tanaman cabai sering ditanam sendiri di halaman rumah. 

Cara  menanam sayuran  di  halaman  rumah  yang  pertama  yakni,   menempatkan  tanaman  dalam konteiner. Banyak jenis sayuran yang dapat ditanam di dalam kontainer.  Isilah kontainer dengan tanah yang baik, kemudian letakkan pada lokasi halaman rumah yang mendapat sinar matahari yang cukup.  Berilah tanah dengan pupuk dan siramlah tanaman secara teratur.  Hal ini akan membuat tanaman tumbuh dan kebun sayuran yang dibuat akan tampak asri. 


Cara menanam sayuran di halaman rumah yang kedua yaitu menciptakan kebun sayuran secara vertical. Menanam  sayuran  tidak  harus  dengan  halaman  rumah  yang  luas,   berkebun  dapat dengan  cara membuat  kebun  vertical  di rumah.  
Cara menanam sayuran  di  halaman rumah secara  vertical  dapat dikerjakan  dengan  memakai  pot, kemudian  digantung.   Dengan  cara  ini  maka dapat  memakai halaman  rumah  yang  sempit,   pilihlah  tanaman  yang  merambat  sehingga  bisa  dikembangkan  secara 
vertical. Cara menanam sayuran di halaman rumah yang berikutnya yaitu pilihlah tanaman sayuran yang mudah dan cepat tumbuh.  Memilih tanaman yang mudah cepat tumbuh akan lebih mudah menanamnya sendiri di halaman rumah.  Tanaman yang mudah tumbuh cepat contohnya selada. 

Cara  menanam  sayuran  di  halaman  rumah  selanjutnya  yaitu  memvariasikan tanaman  sayuran yang ditanam.  Memanfaatkan  halaman rumah  dengan  bercocok  tanam  tanaman sayuran menjadikan  banyak sekali kegunaan dalam kehidupan.  Halaman rumah yang tampak kosong dengan adanya kebun sayuran akan tampak lebih segar dan indah,  selain itu sayuran dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari­hari.Menanam tanaman sayuran dengan bervariasi akan menambahkan banyak manfaat. 

Cara menanam sayuran di halaman rumah yang terakhir yaitu memilih tanaman kedil.  Lahan halaman rumah yang  terkadang sempit  tidak  dapat  menanam  pohon  yang  dapat  berkembang besar  dan  menyebabkan  lahan perkebunan akan menjadi lebih sempit.  Oleh karena itu, pilihlah tanaman yang kerdil agar halaman rumah tetap semakin menarik dan tidak sempit.  Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar