Minggu, 06 November 2016

Cara Menanam Seledri Hidroponik


Istilah hidroponik (hydroponics) digunakan untuk menjelaskan tentang cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Di kalangan umum, istilah ini dikenal sebagai “bercocok tanam tanpa tanah”. Di sini termasuk juga bercocok tanam di dalam pot atau wadah lainnya yang menggunakan air atau bahan porous lainnya, seperti pecahan genting, pasir kali, kerikil, maupun gabus putih.

Dahulu, peneliti yang bekerja di laboratorium fisiologi tumbuhan sering bermain-main dengan air sebagai media tanam dengan tujuan uji coba bercocok tanam tanpa tanah. Sebagian orang menganggap metode itu sebagai aquakultur (bercocok tanam di dalam air). Uji coba tersebut ternyata berhasil dan patut diberi acungan jempol sehingga banyak ahli agronomi yang terus mengembangkan cara tersebut.

Pada perkembangan selanjutnya, media air diganti dengan media yang lebih praktis, efisien dan lebih produktif. Cara kedua ini lebih mendapat sambutan dibandingkan cara yang hanya menggunakan media air. Oleh karenanya, pada perkembangan selanjutnya, teknik itu disebut hidroponik. Hidroponik ini kemudian dikembangkan secara komersial.
Tanaman seledri atau dikenal dengan nama daun sop banyak dibutuhkan untuk keperluan dapur maupun pengobatan. Seledri banyak digunakan untuk penyajian masakan bakso, dan soto kuah maupun soto kering.  Di bidang kesehatan seledri dipercaya memiliki efek positif untuk penderita darah tinggi atau hipertensi.
Tanaman seledri termasuk salah satu tanaman yang cocok ditanam secara hidroponik, tanaman dengan air. Seledri hidroponik bisa ditanam dengan beberapa sistem hidroponik, salah satunya dengan penggunaan bak dengan netpot bersumbu (sistem wick) atau sistem rakit apung.
anda bisa mempersiapkan bahan bahannya sebagai berikut
bak palastik
gelas plastik
sterefoam
kain flanel
sekam bakar
larutan ABmix
bibit seledri
anda bisa membuat pola lingkaran pada steroafoam untuk tempat gelas plastik dan berikan jarak antar lubang bisa agak berdekatan karena tanamannnya kecil.dan untuk gelasnya supaya dilubangi untuk bagian bawahnya dan satu lubang untuk penempatan sumbu kain.untuk sumbu anda bisa menggunakan kain flanel selebar 3cm dan panajangnya saimapi menyentuh dasar bak
Pemeliharaan Tanaman Seledri Hidroponik
tempatkan seledri di tempat yang terkena sinar matahari tanaman cepat tumbuh apabila terkena sinar matahari.jika penanaman cukup banyak anda bisa membuat atap daitasnya agar tidak terkena hujan ketika terjadinya hujan.tidak lupa selalu mengontrol jumalah cairan dalam bak dan juga tambahkan larutan agar tidak kekeringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar