Kamis, 24 November 2016

Tehnik Pemupukan Jagung Manis yang Benar


Bagaimana tehnik pemupukan jagung manis yang benar? Belakangan ini jumlah keinginan pasar bakal jagung manis makin naik. Harga per kg jagung manis di tingkat petani juga cukup memuaskan. Hal semacam ini searah dengan perubahan industri kuliner didalam negeri yang banyak memerlukan jagung manis sebagai bahan bakunya.
Sebelumnya sistem penanaman benih tanaman diawali, kita butuh memerhatikan tehnik pemupukannya terlebih dulu. Lain tempat serta lain musim tanam, jadi tidak sama juga langkah pemupukannya yang pas. Umpamanya untuk Kamu yang menanam jagung manis di sawah pada musim penghujan, perawatan yang butuh diberikan pada tanaman itu agak tidak sama dengan jagung manis yang ditanam di tegalan pada musim kemarau.
cara-pemupukan-jagung-manis. jpg
Didalam tiap-tiap satu kali siklus penanaman, tumbuhan jagung manis butuh diberikan pupuk sejumlah 3 kali. Salah satunya yaitu pemupukan basic ketika penanaman benih, pemupukan susulan step awal saat tanaman berusia 15 hari, serta pemupukan susulan step ke-2 di saat tumbuhan ini berumur 30 hari. Sedang sistem pemanenan jagung manis sendiri umumnya ditangani saat usia tanaman telah meraih 100-110 hari.
Pemupukan Dasar 
Pada pemupukan basic, dosis pupuk yang pas untuk tanaman jagung manis terbagi dalam 500 kg petroganik, 150 kg phonska, serta 75 kg urea untuk tiap-tiap hektar. Pemberian pupuk dikerjakan lewat cara ditugali persis di samping benih dalam barisan tanaman dengan jarak sekitaran 10-15 cm. Maksud dari pemupukan ini yaitu sediakan unsur hara yang cukup untuk perkembangan benih jagung manis.
Pemupukan Susulan Step Pertama 
Sistem pemupukan susulan kali awal ini bisa ditangani saat usia tanaman jagung manis telah meraih 15 HST (Hari Sesudah Tanam). Mengenai pupuk-pupuk yang dipakai diantaranya 150 kg phonska serta 75 kg urea semasing per hektar. Dengan memberi ke-2 pupuk ini, diinginkan perkembangan tanaman jagung manis bakal makin subur dan memiliki ketahanan yang lebih kuat dari serangan hama serta penyakit.
Pemupukan Susulan Step Kedua 
Untuk pemupukan susulan step ke-2, pekerjaannya dikerjakan pada saat tanaman jagung manis sudah mencapai umur 30 HST (Hari Sesudah Tanam). Sistem ini memercayakan sebagian pupuk yang bermanfaat untuk mensupport perkembangan tanaman seperti urea sejumlah 150 kg per hektar. Dengan memberi pupuk ini, harapannya tanaman dapat peroleh bahan organik yang cukup untuk membuat bonggol buah jagung manis.
Terkecuali memberi pupuk dengan cara pas, tanaman jagung manis juga butuh disiram dengan cara berkala untuk melindungi keperluan air serta kelembapan hawa. Jangan pernah tanaman alami kekeringan akibat keadaan tempat yang sangat tandus. Sistem penyiangan bisa dikerjakan sebelumnya sistem pemupukan susulan step awal serta ke-2 dikerjakan. Sedang sistem pembubunan baiknya ditangani kurun waktu yang berbarengan dengan pemupukan susulan step ke-2.
Jagalah baik-baik tanaman jagung manis yang Kamu budi dayakan supaya tak diserang oleh hama maupun penyakit. Type hama yang seringkali diketemukan mengganggu tanaman jagung manis adalah penggerek batang. Hama ini dapat ditanggulangi memakai petrofur pada pusuk tanaman usia 15 hari dengan dosis lebih kurang 10 kg/hektar. Tanaman jagung manis yang telah berumur 100-110 hari bisa dikerjakan pemanenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar